Tips Menghadapi Ujian Nasional (UN)

Share on :



TIPS MENGHADAPI UN
Ujian Nasional (UN) merupakan ajang kemampuan diri. Saat itulah hasil belajarmu dievaluasi. Jangan gerogi menghadapi UN. Mungkin TIPS MENGHADAPI UN ini bisa membantu Sobat yang akan menghadapi UN :

1.      1.  Berdoalah kepada Tuhan dan Mohon Restu kepada Orang Tua
Setiap keberhasilan ada keikutsertaan sang pencipta di dalamnya. Berdoalah agar diberi kemudahan dalam menghadapi UN sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua tercinta. Oleh karena itu, mintalah restu kepada orang tua sebelum UN agar diberi kemudahaan dan kelancaran.
2.      2. Perbanyak Latihan Soal
Berlatih mengerjakan soal akan membuatmu terbiasa menghadapi beragam soal. Dengan sering berlatih, penguasaanmu terhadap materi semakin baik. Kamu tidak akan cemas atau gerogi dalam menghadapi UN.
3.      3. Belajar Kelompok
Dengan belajar kelompok, kamu dapat berbagi dengan teman lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkr dan motivasi belajar. Manfaatkanlah waktumu dengan belajar secara berkelompok.
4.       4. Biasakan Bersikap Jujur dan Sportif
UN merupakan ajang yang sangat prestisius. Tidak mengherankan jika ada yang melakukan tindakan tidak terpuji dalam pelaksanaan UN. Misalnya memberi bocoran soal atau melakukan kecurangan saat UN. Hindari tindakan- tindakan seperti itu. Bersikaplah jujur dan sportif, niscaya Tuhan akan memberi kemudahan.
5.      5.  Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam
Belajarlah jauh – jauh hari sebelum hari UN tiba. Jangan menggunakan system kebut semalam yaitu belajar keras saat UN sudah dekat. Justru pada hari – hari mendekati UN, badan dan pikiran harus rileks. Jaga kondisi tubuhmu dengan makan makanan yang bergizi dan beristirahat yang cukup.
6.      6. Hindari Kegiatan yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Belajar
Untuk sementara tinggalkan dulu kegiatan/kesenangan/hobi yang bisa mengganggu konsentrasi belajar seperti : bermain PS, chating di internet, dan menonton televisi.
Mudah- mudahan tentang TIPS MENGHADAPI UN bisa mengurangi rasa gerogi dan cemas untuk menghadapi UN. Saya doakan semoga besok yang akan mengikuti UN bisa LULUS dengan nilai yang memuaskan. Aminn !!!


0 comments on Tips Menghadapi Ujian Nasional (UN) :

Post a Comment and Don't Spam!